Sosialisasi Penilaian Prestasi Kerja Berbasis Elektronik bagi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut.

By BKPSDM 31 Okt 2018, 15:53:16 WIB Bidang Mutasi dan Pengembangan Aparatur
Sosialisasi Penilaian Prestasi Kerja Berbasis Elektronik bagi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut.

Rangkaian 3 hari kegiatan acara Sosialisasi Penilaian Prestasi Kerja Berbasis Elektronik bagi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung selama 3 hari terhitung mulai tanggal 29 Oktober 2018 s.d 31 Oktober 2018. Adapun sebagai pemateri terdiri dari 3 orang PNS dari Badan Kepegawaian Negara Pusat (Jakarta). Mereka adalah Bapak J Irawan Darmanto, SH, Kasubbit Penyusunan Sistem Penilaian Kinerja dan Standar Kinerja Jabatan Pegawai ASN, Ibu Poneta Masli, SH, Kasi Penyusunan Program Penilaian Kinerja Pegawai ASN, dan Pranata Komputer Bapak Irdian N Alexcandra, S.kom.

Pada hari pertama acara yang berlangsung pada tanggal 29 Oktober 2018 di Aula Kantor BKPSDM Kabupaten Tanah Laut dihadiri oleh Tim teknis penyusunan Penilaian Prestasi Kerja Berbasis Elektronik Kabupaten Tanah Laut. Acara dibuka oleh Ketua Tim Sekretarat Bapak H. Sutrisno, S.Sos, M.Si kemudian dilanjutkan diskusi ringan bersama anggota tim teknis seputar Aplikasi Penilaian Prestasi Kerja Berbasis Elektronik.

Kemudian pada hari kedua 30 Oktober 2018, masih bertempat di Aula Kantor BKPSDM Kabupaten Tanah Laut, yang berhadir selaku peserta sosialisasi ialah para PNS yang ditunjuk instansinya masing-masing untuk mengurusi segala urusan administrasi kepegawaian di instansinya. Acara sosialisasi dibuka oleh Kepala Bidang Pengembangan dan Formasi Aparatur Bapak Ismail Sembiring, S.Sos. Kegiatan hari kedua berfokus kepada teknis pemakaian aplikasi dengan sudut pandang sebagai user. Dalam sesi hari kedua itu dipaparkan dengan cukup terperinci dan halus tentang urutan, tahapan, dan tata cara pengisian form pada menu yang sudah terpampang didalam aplikasi. Terjadi interaksi tanya-jawab yang syahdu antara pamateri dan peserta, memang aplikasi ini kedepannya akan menjadi aplikasi yang penting sekali, karena menyangkut capaian kinerja dan reward seorang PNS.

Seperti yang sudah diketahui bersama, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta agar seluruh honor kegiatan di instansi pemerintahan agar segera dihapus dan digantikan menjadi tambahan penghasilan pegawai (TPP), yang karena menurutnya honor kegiatan teresebut menjadi salah satu celah adanya korupsi. Berangkat dari himbauan tersebut, Kabupaten tanah laut berinisiatif akan segera merealisasikannya di tahun depan (2019). Atas dasar itulah Aplikasi Penilaian Prestasi Kerja Berbasis Elektronik ini hadir.

Dihari terakhir. hari ini Rabu tanggal 31 Oktober 2018, kegiatan acara Sosialisasi Penilaian Prestasi Kerja Berbasis Elektronik bagi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut hampir menuju puncaknya, yang mana acara pada hari ini dihadiri para oleh Kepala SKPD masing-masing instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Tanah Laut yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut Bapak Drs. H. Syahrian Nurdin, M.Si. Kemudian selaku Moderator adalah Kepala Bagian Organisasi Bapak Drs. H. Tajuddin effendi, M.Si. Pada sesi terakhir ini, pameteri lebih ingin mengajak untuk menajamkan lagi dasar maupun payung hukum yang menaungi Aplikasi Penilaian Prestasi Kerja Berbasis Elektronik. Dalam kesempatan itu juga dibahas kembali mengenai tata cara pembuatan SKP guna memperkuat dan menyamakan persepsi mengenai hal tersebut. Karena SKP dan TPP kedepannya akan sangat berhubungan erat yang nantinya akan terus berkolaborasi guna menampilkan output kinerja PNS yang benar dan akurat.

Aplikasi penilaian Prestasi Kerja Berbasis Elektronik  adalah suatu sistem aplikasi yang terinegrasi dari beberapa sistem, diataranya : DES dan Absensi PNS. Manfaat aplikasi yakni Pertama, mengukur dan memantau kinerja ASN secara periodik. Kedua, Sebagai salah satu data acuan pemberian tunjangan kinerja yang diterima pegawai. Ketiga, memetakan kinerja PNS dalam rangka merit system. Direncanakan Kabupaten Tanah Laut akan segera merealisasikan TPP pada awal tahun depan. (hs/tala/bkpsdm)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 18 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment