Indonesia Menuju Pemerintahan Kelas Dunia

By BKPSDM 12 Sep 2018, 10:39:32 WIB Infografik
Indonesia Menuju Pemerintahan Kelas Dunia

MoU Minister of Personnel Management of the Republic of Korea adalah sebagai kunci dalam mencapai tujuan transformasi pemerintahan berkelas dunia tahun 2024”.

 

Serupa itulah yang dikatakan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi usai melakukan penandatanganan MoU Minister of Personnel Management of the Republic of Korea di Istana Kepresidenan Senin, 10 September 2018 kemarin. Spekrum kerjasama yang disepakati Indonesi bersama Korea Selatan mencakup peningkatan kualitas perumusan kebijakan serta perencanaan dan implementasi inovasi pada sistem administrasi kepegawaian, diaantaranya terkait dengan perekrutan, pengembangan sumberdaya manusia, manajemen dan budaya kinerja, peningkatan kualitas manajemen talenta nasional, sistem gaji, tunjangan, pensiun, serta pencegahan korupsi di lingkungan aparatur sipil negara. Kemudian, kerja sama bakal direalisasikan dalam bentuk pertukaran kunjungan pimpinan tinggi, pertukaran pengetahuan, pengalaman, dan publikasi ilmiah, pertemuan-pertemuan pakar, pemagangan, dan bentuk kerja sama lain yang disepakati kedua pihak di bidang aparatur sipil negara.

Serupa dengan Presidential Lecture bagi CPNS yang pernah diselenggarakan pada 27 Maret 2018 yang lalu oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bersama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Presiden Republik Indonesia mengatakan Indonesia akan menjadi negara yang maju jika memiliki birokrat yang tangguh dan mau bekerja keras, berani melakukan inovasi, mengedepankan kepentingan rakyat, bangsa dan negara diatas kepentingan yang lain. Para CPNS diharap bisa beradaptasi terhadap dunia yang dinamis. “Saudara sebagai birokrat muda harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi”, begitu ungkap Pak Presiden. Aparatur yang integritas dan profesional yakni ia yang menguasai teknologi informasi dan bahasa asing, memiliki jiwa hospitality dan entrepreneurship, serta daya networking, untuk menghadapi tantangan dan mengantisipasi setiap perubahan yang dinamis di era Industri 4.0 ini.

Pemerintahan berkelas dunia sendiri dapat didefinisikan sebagai pemerintahan yang transparan, akuntabel dan berkualitas. Aksi yang sudah coba dilakukan pemerintah yakni dirakitnya sistem e-goverment, merit sistem, manajemen talenta, dan manajemen perubahan. Dilain sudut telah diupayakan transformasi diklat konvensional menjadi diklat berbasis Human Capital Management melalui pengembangan ASN Corporate University. Skema diklat terobosan ini memfungsikan seluruh instansi pemerintah sebagai lembaga pembelajaran dengan mengkombinasikan berbagai sistem pelatihan yang progresif edukatif, seperti e-learning, coacing, mentoring dan on the job training (OJT). (hs/2018/bkpsdmtala)

Sumber : menpan, kemenkumham, dan liputan 6.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment