Meja Rapi Tidak Menjamin Produktifitas

By BKPSDM 10 Okt 2018, 06:39:49 WIB Infografik
Meja Rapi Tidak Menjamin Produktifitas

Meja Rapi Tidak Menjamin Produktifitas
 
Menurut Tim Harford, ekonom dan penulis "The Undercover Economist," lingkungan yang berantakan sebenarnya terkait dengan kreativitas dan inovasi. Dalam buku terbarunya "Messy: The Power of Disorder untuk Transform Our Lives," Harford menggali ke dalam obsesi manusia terhadap kerapian dan ketertiban. Salah satu kesimpulan yang ia dapatkan adalah betapa sebuah ruang kerja rapi belum tentu efektif. Orang-orang seringkali memiliki ide, dan ide-ide lain. Beberapa di antara ide tersebut bekerja dan beberapa lainnya tidak. Melihat penelitian dan contoh dunia nyata, Harford membuat titik kesimpulan bahwa belum tentu minimalis atau berantakan dari suatu ruang memengaruhi produktivitas. Sebaliknya, orang merespon dengan baik untuk memilih tentang apa yang harus dilakukan dengan ruang bekerja mereka.
 
Bersebrangan bernada mayor, para peneliti dari berbagai sumber mengatakan bahwa, meja kerja yang tertata rapi memilikieberapa manfaat antara lain yakni :
1. Meningkatkan Fokus Ketika Bekerja. Bekerja di meja yang rapi diyakini akan meningkatkan fokus bekerja karena mata tidak akan tertuju kepada barang barang yang berserakan di meja.
2. Mencerminkan Pribadi Yang Disipilin. Dengan merapikan meja, artinya sudah mengatakan kepada orang-orang bahwa pribadi diri adalah orang yang teratur dan disiplin. Meja kerja mencerminkan kepribadian.
3. Tidak Akan Kehilangan Barang Karena Meja Yang Berantakan. Ketika meja kerja berantakan terkadang sering mengalami kehilangan barang dan susah mencarinya. Padahal sebenarnya barang tersebut terletak tidak jauh dari radar, namun karena keadaan meja yang berantakan menjadi menghalangi mata kepada barang tersebut.
4. Kebersihan Terjaga. Kebersihan meja kerja akan terjaga, karena selalu merapikan dan membersihkan meja kerja setiap meja itu kotor.
5. Menjauhkan Bibit Penyakit. Meja kerja yang bersih akan membantu diri tetap sehat. Karena seperti diketahui bersama tempat yang kotor adalah sarang dari berbagai macam bakteri dan virus yang bisa membawa penyakit. Dengan merapikan dan membersihkan meja kerja, berarti mengurangi resiko terkena bibit penyakit. (hs/tala/bkpsdm)
 
*(berbagai sumber)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment