Pelaksanaan Seminar Aktualisasi Latsar CPNS Golongan II Angakatan 1

By BKPSDM 28 Jun 2019, 05:15:57 WIB Bidang Diklat Pengembangan dan Formasi Aparatur
Pelaksanaan Seminar Aktualisasi Latsar CPNS Golongan II Angakatan 1

Mulai tanggal 25 s.d 27 Juni 2019 kemarin, sebanyak 40 orang peserta Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II Angkatan I Kabupaten Tanah Laut telah mengikuti rangkaian kegiatan Seminar Evaluasi Pelaksanaan Aktualisasi yang dilaksanakan di Gedung Diklat Loka Bidan Praja Hutan Kota Pelaihari. Adapun Mentor dan Penguji pada kegiatan tersebut yakni dari Widyaiswara (WI) Kabupaten Tanah Laut bersama WI Provinsi Kalimantan Selatan. Sebelumnya seminar aktualisasi diujikan, para peserta Latsar terlebih dahulu menyusun rancangan aktualisasi mereka masing-masing yang akhirnya berhasil diujikan pada kegiatan kemarin.

Aktualisasi dalam lingkup ini adalah semacam pengabdian CPNS kepada instansinya. Aktualisasi adalah wujud sikap sedia dan tanggunjawab atas apa yang diamanahkan kepadanya. Aktualisasi tersebut wajib dilaporkan detil kegiatannya untuk kemudian dinilai oleh pihak dan diujikan oleh penyelenggara Latsar. Aktualisasi merupakan salah satu unsur penting dalam kegiatan Latsar. Dalam sistem penilaian dan evaluasi pelaksanaan Latsar, nilai aktualisasi adalah 30% dari keseluruhan unsur penilaian.

Dalam Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2000, Latsar CPNS (Golongan I, II, dan III) yakni bertujuan :
1.Meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil (PNS) sesuai dengan kebutuhan instansi.
2. Menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.
3. Memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat.
4. Menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik.

Kepala Sub Bidang Diklat Aparatur Kabupaten Tanah Laut Bapak Iswahyudoto, S.Kom selaku penanggung jawab pelaksanaan Latsar mengatakan bahwa, Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan unsur utama sumber daya manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN). PNS memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan khususnya Kabupaten Tanah Laut. Untuk itu beliau berharap bagi siapa saja, seusai Latsar berakhir, agar dapat mengabdikan dirinya secara total guna kepentingan masyarakat, bangsa, negara, dan tanah air.  (hs/bkpsdmtala)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment