Coaching Clinic (TPP System) Kabupaten Tanah Laut bersama (E-Kinerja) Badan Kepegawaian Negara

By BKPSDM 26 Jul 2018, 07:10:40 WIB Bidang Mutasi dan Pengembangan Aparatur
Coaching Clinic (TPP System)  Kabupaten Tanah Laut bersama (E-Kinerja) Badan Kepegawaian Negara

Seperti yang sudah diketahui bersama, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta agar seluruh honor kegiatan di instansi pemerintahan agar segera dihapus dan digantikan menjadi tambahan penghasilan pegawai (TPP), yang karena menurutnya honor kegiatan teresebut menjadi salah satu celah adanya korupsi.

Berangkat dari himbauan tersebut, Kabupaten tanah laut berinisiatif akan segera merealisasikannya di tahun depan (2019). Kamis (26/7) betempat di Kantor BKN Pusat Jakarta, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut bapak Drs. H. Syahrian Nurdin, M.Si bersama rombongan yang terkait dengan TPP termasuk tim teknis (IT) melakukan Coaching Clinic E-Kinerja BKN. Acara dibuka Direktur Kinerja ASN Ibu Neny Rochyany, M.Si. Kemudian, sebagai narasumber dari BKN Pusat Direktorat Kinerja ASN, adalah Irdian Nova Alexcandra, S.Kom. Bapak Alex begitu panggilannya, memberi penjelasan secara spesifik, detail dan mendalam tentang proses bisnis maupun seluk beluk seputar aplikasi e-Kinerja. Narasumber juga mengapresiasi pelaksanaan dan penerapan e-Kinerja yang akan dilakukan di Kabupaten Tanah Laut.

E- Kinerja, begitulah Badan Kepegawaian Negara (BKN) menamai Sistem Aplikasi penilaian prestasi kinerja ASNnya. Aplikasi E-Kinerja versi BKN ini adalah suatu sistem aplikasi yang terinegrasi dari beberapa sistem, diataranya : DES, E-Prilaku 360 derajat, dan E-Lapkin. Manfaat aplikasi E-Kinerja besutan tim IT BKN ini : Pertama, mengukur dan memantau kinerja ASN secara periodik. Kedua, Sebagai salah satu data acuan pemberian tunjangan kinerja yang diterima pegawai. Ketiga, memetakan kinerja PNS dalam rangka merit system. Merit System Aparatur Sipil Negara (ASN) versi BKN ini adalah merupakan penilaian kinerja Aparatur Sipil Negara berdasarkan prestasi kerja. Dengan terwujudnya sistem ini, BKN mengklaim seharusnya rotasi jabatan tidak diperlukan lagi pemilihan, karena BKN sudah punya database. Merit System juga Meminimalisasi pengangkatan pejabat-pejabat yang terkesan ada intervensi politik.

Diharapkan Kabupaten Tanah Laut akan dapat mengadopsi kemudian menerapkan (e-Kinerja) System Aplikasi besutan BKN ini, yang lalu dimodifikasi dan disesuaikan dengan medan di daerah, sehingga wacana Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) Kabupaten Tanah Laut dapat segera direalisasikan. (hs/bkpdm/tala/2018)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment