Tanah Laut Menyapa, Penerimaan ASN : Seleksi CPNS Tahun 2018

By BKPSDM 19 Jul 2018, 08:52:22 WIB Bidang Perencanaan dan Pembinaan Aparatur

Berita Terkait

Berita Populer

Tanah Laut Menyapa, Penerimaan ASN : Seleksi CPNS Tahun 2018

Talk SHow "Tanah Laut Menyapa" LPPL Radio Tuntung Pandang FM 102.3 MHz dalam dialog Interaktif yang digelar pukul 09.00 s.d 10.00 WITA Rabu (19/7) BKPSDM Kabupaten Tanah Laut didapuk menjadi Narasumber untuk mengisi acara dalam program tersebut. Adapun Narasumber dari BKPSDM Kabupaten Tanah Laut diwakili oleh Plt. Kasubbid Diklat Aparatur Bapak Febrian Noviear AR, SH. Tema bahasan berfokus seputar penerimaaan ASN (Seleksi CPNS Tahun 2018). Kemudian selaku penyiar/moderator pada program ialah Ibu Kathrina SW, S.Kom dan Bapak Drs. H. A. Sayuti.

Sebelum masuk kedalam pokok substansi hidangan utama tema hari ini, pada kesempatan itu Bapak Febri mencoba meluruskan persepsi khalayak ramai tentang definisi dari "ASN". Karena dalam hematnya ada sedikit kerancuan perihal definisi ASN (PNS dan P3K). Sering masyarakat kebanyakan menyimpulkan bahwa ASN itu adalah PNS. Dalam pasal 1 ayat 2 UU 5/2014 tentang ASN, ASN adalah profesi bagi PNS dan Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah. Berangkat dari hal tersebut, Bapak Febri memberi penjelasan yakni : PNS adalah WNI yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai pegawai ASN secara tetap oleh PPK untuk menduduki jabatan pemerintahan, sedangakn P3K adalah WNI yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan. Jadi dapat disimpulkan bahwa PNS itu otomatis pasti ASN sedangkan sebaliknya, ASN itu belum tentu PNS karena bisa juga P3K.

Kemudian berkenaan penerimaan CPNS tahun 2018, adapun proses penerimaan PNS tediri dari tiga tahap. Pertama, seleksi administrasi. Kedua, seleksi kompetensi dasar (meliputi Tes Kemampuan Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Ketiga, Seleksi Kompetensi Bidang. Seleksi penerimaan CPNS Tahun 2018 menggunakan sistem seleksi (SSCN). SSCN atau Sistem Seleksi CPNS Nasional adalah situs resmi pendaftaran CPNS secara nasional sebagai pintu pendaftaran pertama seleksi CPNS ke seluruh Instansi baik Pusat maupun Daerah dan dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara RI sebagai Panitia Seleksi CPNS Nasional. Berikut adalah SIMULASI PROSES PENDAFTARAN CPNS (SSCN) silahkan kunjungi di alamat ini :

https://portalsscntraining.bkn.go.id

Proses seleksi penerimaan CPNS dilakukan menggunakan CAT (Computer Assisted Test ). CAT (Computer Assisted Test ) adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Berikut adalah SIMULASI TES CPNS menggunakan CAT :

http://cat.bkn.go.id/simulasi

Pengumuman resmi mengenai penerimaan CPNS akan dipublikasikan pada portal web resmi KemenPAN-RB, BKN dan BKPSDM Kabupaten Tanah Laut. Perlu untuk jadi perhatian, Informasi yang bukan bersumber dari portal website tersebut agar kiranya jangan dijadikan kiblat, sebab bisa saja informasi tersebut adalah hoax (berita bohong). (hs/bkpsdm/2018)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment